Selasa, 29 November 2011

tips kesehatan rambut


Tips kesehatan rambut – Rambut merupakan sebuah mahkota bagi kita. Dalam menjaga rambut agar tetap hitam, berkilau dan kuat ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Ada 3 hal yang penting dalam merawat keindahan rambut diantaranya, kita harus menjaga kesehatan, kebersihan dan selektif dalam memilih kosmetik bagi rambut.
Ada beberapa tips yang mempermudah kita dalam merawat rambut kita, antara lain:
  • Diet ketat : diet ketat dalam pola makan kita dapat berdampak bagi rambut kita, rambut kita akan cepat rontok karena kekurangan zat besi akibat diet yang kita jalani. Disebabkan zat besi yang dikonsumsi bagi rambut terhambat karena diet yang kita lakukan. Karena zat besi diperoleh dari makanan telur, daging, gandum, kacang-kacangan dan sereal. Disarankan untuk makan buah-buahan yang segar untuk memenuhi kebutuhan vitamin C. Karena vitamin C berfungsi dalam penyerapan zat besi.
  • Memotong rambut pendek : Ini berfungsi agar kita lebih mudah untuk menjaga kebersihan kulit kepala. Bagi para perempuan  jangan malu dengan model rambut pendek, karena banyak perempuan sekarang memilih model rambut menjadi pendek. Dan jangan khawatir dalam pemotongan rambut secara teratur karena tidak akan membuat rambut kita lebih cepat tumbuh.
  • Yang Membuat Rambut Rusak : Meskipun kulit kepala kita cukup kuat dan bisa bertahan pada perlakuan keras, toh ia akan rusak juga akibat terlalu banyak penggunaan bahan kimia, pewarna rambut dan pijatan. Ketahanan rambut setiap orang terhadap penggunaan bahan kimia pada kosmetik rambut berbeda-beda. Umumnya kulit kepala mengalami alergi akibat pewarnaan yang berakibat radang dan pembengkakan. Untuk menghindari hal ini, sebelum dipakai cobalah dulu pada permukaan tangan. Jika terjadi radang, jangan gunakan pada rambut. Lebih baik konsultasi pada dokter kecantikan agar lebih tahu bahan pewarna yang cocok bagi kulit kepla kita.
Berhati-hatilah dalam menggunakan pewarna rambut yang berbahan hydrogen peroxide. Jika rambut terlalu sering terkena bahan ini, rambut akan menjadi rapuh, kasar dan pecah-pecah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar